Kaos Sublime Konveksi Kaos Sublimasi

Kaos Sublime dan Proses Penyablonannya

Kaos sublime atau sublimasi menjadi varian baru dalam dunia konvesksi dan bisnis sablon kaos di Indonesia. Bentuknya mudah ditemukan pada berbagai event hingga dijual pedagang distro. Sebuah kaos yang biasa Anda temui pada kaos sepak bola, kaos motorcross, kaos sepeda, serta kaos beberapa jenis cabang olahraga lainnya. Kaos yang dipakai memang khusus berbahan polyester atau PE karena cara pencetakan ataupun penyablonannya juga lain. Menggunakan teknik pencetakan sublimasi yang dilakukan secara digital. Membutuhkan beberapa perangkat mesin tertentu untuk bisa melakukan sablon kaos digital. Perlu diingat bahwa teknik sablon sublimasi hanya cocok untuk kaos yang berbahan kain polyester ataupun masih ada unsur polyester di dalamnya. Misalnya, kaos dengan kain berbahan 60% polyster dan 40% cotton, masih bisa disablon sublimasi. Semakin tinggi unsur polyster, maka makin bagus kualitas sablonannya. Satu hal yang pasti, sablon cetak sublimasi tidak cocok untuk kaos dengan kain berbahan 100% cotton.

Perlengkapan Dalam Teknik Sablon Sublimasi

Sebelum melakukan praktik penyablonan, perlu mempersiapkan beberapa peralatan dan perlengkan terlebih dulu. Persiapkan printer inkjet merk EPSON yang dimodifikasi dengan tinta sublimation. Beberapa inkjet printer desktop merk lainnya, seperti Canon, HP, Lexmarks, Brother, Xerox lain-lainnya tidak dapat dipakai karena menggunakan thermal printhead. Hal itu tidak bisa untuk proses teknik sablon sublimasi. Selanjutnya, sediakan juga kertas sublimation transfer untuk hasil terbaik. Sebenarnya, Anda dapat menggunakan kertas biasa atau inkjet paper, tetapi hasil sablonannya nanti tidak maksimal. Selain itu, sediakan sebuah mesin hot press kaos. Namun perlu diingat, jika menggunakannya di rumah pilihlah mesin press berdaya tidak melibihi daya listrik di rumah Anda. Bahan terakhir yang perlu disediakan, yaitu kaos dengan bahan yang tidak murni cotton atau katun. Kaos berbahan kais polyster dengan warna putih atau warna muda. Pemilihan warna tersebut untuk memaksimalkan desain kaos yan biasanya berwarna-warni. Setelah semua bahan tersebut lengkap disediakan, silakan dicoba teknik sablon sublimasi untuk menghasilkan berbagai kaos sublimasi yang berkualitas terbaik. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa langkah dalam proses penyablonannya.

  • Pertama, cetak desain secara mirror  atau terbalik terbalik ke atas kertas transfer.
  • Kedua, letakan cetakan kertas transfer pada sisi tinta sublimation dan menyentuh sisi kaos. Lalu,  taruh cetakan tersebut pada mesin hot press kaos.
  • Ketiga, jepit sablon kaos tersebut dengan temperature dan waktu yang sudah ditentukan. Perlu diketahui bahwa temperature dan waktu press tergantung dari ketebalan bahan kaos. Biasanya hanya dilakukan pressing dalam beberapa menit saja.
  • Keempat, lepas kertas tersebut dari bahan kaos, sehingga gambar tinta sublimation akan menyatu dengan kaos. Itulah secara singkat proses sablon kaos dengan teknik sublimasi. Semoga bermanfaat bagi Anda yang ingin lebih dalam mengenal kaos sublimasi.

 

Comments are closed.